Pada kasus pertama. Speedy anda tidak di-sharing, anda hanya melakukan koneksi internet langsung dari modem+router speedy, tanpa melalui hub/switch, ataupun server. Jika koneksi internet anda tiba-tiba mati (dalam hal ini speedy) lakukan langkah-langkah sebagai berikut :
- Restart modem speedy anda, kemudian coba melakukan koneksi lagi. Jika belum bisa,
- Cek jaringan fisiknya seperti Kabel Lan dan Line Telp-nya, Apakah LAN lepas/kendor dan line telp bisa digunakan untuk nelp ke luar…Jika sudah dipastikan ok, coba lagi konek…Jika belum bisa,
- Coba masuk ke setting-an modem anda dan lihat dibagian WAN, cari di sana kira-kira apa penyebabnya. Caranya ketikkan alamat router speedy anda (defaultnya: http://192.168.0.1). Jika langkah ini anda tidak bisa langsung aja ke langkah ke-3. Ulangi setting WAN dengan memasukkan username speedy dan password anda, dan sedikit setting2-nya.
- Panggil teknisi jaringan/komputer atau teman anda yang mengerti atau langsung saja komplain ke speedy telkom (telp : 147) request supaya teknisi-nya datang. Segeraaaaaaa!
Pada kasus kedua. Speedy anda di-sharing menggunakan hub/switch, web-proxy(spt. mikrotik, squid), bahkan menggunakan hotspot/wifi. sebelum sampai ke rumah anda. Jadi dalam hal ini saya anggap anda pada posisi terakhir. Jalur internet sudah melalui modem+router–>webproxy–>switch1–>akses point1–>client akses point–>swith2–>akses point2->anda. wakakakka..
Langkah-langkah yang harus anda lakukan jika pleeek…internet mati, kok nggak nyambung nih adalah :
- Segera telp/sms admin jaringan anda supaya mengecek koneksi internet anda. Hahahha anda tinggal siapkan saja snack + minuman + makanan ++, kalo nggak mau seperti itu coba…
- Analisa sendiri matinya dimana, cek dari belakang (dari komputer anda),
- Cek komputer anda apakah wifi atau lan card yang anda gunakan sudah dihidupkan, jika ok…
- Cek jalur berikutnya, cek akses point anda…mungkin masalahnya di sana. Cek secara fisik dan application. Secara fisik lihat koneksi dan powernya, secara aplikasi lihat settinga-an di dalamnya dengan mengakses-nya, Dari settingan di dalam-nya juga sudah tahu apakah akses point anda nyambung ke switch atau tidak, jika sudah ok…
- Cek Switch1 apakah hidup dan koneksi fisik ok…siapa tahu kabel LANnya putus digigit tikus, soalnya ini kejadian di tempat saya…gara-gara kabel lan di taruh di atas…dimakan tikus! jika sudah ok…
- Cek Client Akses Point, apakah hidup?, apakah dapat sinyal dari Akses point1, apakah sudah benar settingan-nya dan sudah terhubung…jika sudah ok…lanjut…
- Cek Switch1…Cek Webproxy, Cek Modem…jika belom bisa telp teknisi speedy…mungkin lagi gangguan….
- Kalo mau cepat, tidak mesti mengikuti langkah-langkah di atas, biasanya sekali cek salah satu alat tersebut sudah bisa menyimpulkan putusnya di mana…kalo sudah terbiasa putus khan…Coba langsung cek aja dari webproxy….pasti sudah ketahuan dimana putusnya…tapi yang punya akses khan hanya terbatas orang tertentu saja (alias admin.)….
Tidak ada komentar:
Posting Komentar